Minggu, 02 Desember 2012

KEMISKINAN


Kemiskinan adalah keadaan seseorang yang tidak sanggup memelihara dirinya sesuia dengan taraf kehidupan kelompok, dan tidak mampu memanfaatkan akal pikiran dan fisiknya tersebut. Kemiskinan tidak selalu hadir dan muncul karena takdir, kemalasan, atau keturunan. Para pakar strukturalis menyatakan bahwa kemiskinan timbul karena adanya hegemoni dan kebijakan negara atau orang yang berkuasa, dimana orang yang termaginal akan semakin termajinalkan. Ini juga termasuk salah satu pepatah yang kita kenal “ yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin”.
                Keadaan kaya atau miskin bukan merupakan masalah sosial sampai ketika perdagangan dan memunculkan nilai-nilai baru. Pada masyarakat dengan susunan dan organisasi sederhana, kemiskinan mungkin tidak menjadi masalah sosial karena mereka menganggap bahwa semua telah ditakdirkan.
                Dalam masyarakat modern, kemiskinan dilihat sebagia keadaan seseorang tidak memiliki harta yang cukup untuk memenuhi standar kehidupan dilingkungannya. Di bidang ekonomi ini timbulnya masalah tersebut adalah karena lembaga kemasyarakatan di bidang ini tidak berfungsi dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar