Minggu, 02 Desember 2012

JANGAN MARAH TERUS, DONG !


Marah adalah luapan emosi atas sesuatu yang terjadi pada diri kita. Studi banyak dilakukan untuk meneliti kondisi yang disebut “marah” ini. Salah satunya menghubungkan amarah dengan kesehatan jantung. Journal of the American Heart Association mengungkapkan bahwa detak jantung orang yang sering marah akan tidak teratur. Keadaan ini dalam bahasa ilmiah disebut Atrial Fibrilation (AF). keadaan ini menjadikan darah menggumpal sebelum menuju ke otak. Ujung-ujungnya orang yang bersangkutan bisa terserang stroke.
                Anda tentu tidak mau terkena penyakit ini, karena itu kurangilah marah. Dibawah ini empat cara yang dapat dicoba untuk mengurangi marah :
·         Berolahraga. Telah terbukti menciptakan mood “baik” dan meredakan stress.
·         Ketika marah mulai terasa, hirup napas dalam-dalam. Oksigen yang meningkat akan meredakan detak jantung yang semakin cepat karena pengaruh hormon amarah.
·         Ambilah setumpuk kertas, lalu tulis apa yang anda ingin anda ucapkan di kertas itu. Setelah selesai, anda boleh merobek-robek kertas itu lalu membuangnya.
·         Pergi ke tempat tersembunyi. Luapkan dengan tangis. Anda juga dapt tertawa jika mau, karena tertawa lebih baik daripada marah. Tak apa jika anda dibilang aneh, daripada harus terkena stroke? J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar